Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Bangsa Moro

Estimated read time 2 min read

Sejarah Suku Moro merupakan suku yang terdapat di beberapa negara, antara lain Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Di Indonesia, suku Moro bahkan tersebar di berbagai pulau. Diantaranya ada di Maluku dengan nama Pulau Morotai, di Sumatera terdapat Kecamatan Moro di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Indonesia.

Di Filipina, Suku Moro di Mindanao merupakan suku etnoreligius yang terdiri dari 13 suku bangsa. Yang mendiami wilayah Filipina bagian selatan. Wilayah kelompok ini meliputi Mindanao bagian selatan, kepulauan Sulu, Palawan, Basilan dan beberapa pulau yang berdekatan. Suku Moro merupakan suku pelaut yang gigih dan mampu beradaptasi di berbagai tempat tinggalnya.

Bagian Timur Pulau Kalimantan Kelompok Bangsa Moro disebut Suku Bajau: Berau. Suku Bajau merupakan suku bangsa yang bermukim di Kepulauan Sulu. Filipina Selatan. Suku ini yang merupakan sebuah suku nomaden yang telah hidup di laut sampai sehingga. Pernah disebut sebagai gipsi laut. Suku Bajau menggunakan bahasa Sama-Bajau. Suku Bajau telah menyebar ke Sabah dan berbagai wilayah di Indonesia selama ratusan tahun.

Sejarah Asal Usul Suku Bangsa Moro Yang Berada Di Negara Lain

Diperkirakan suku-suku di Kalimantan bermigrasi dari utara (Filipina) pada zaman prasejarah. Suku Bajau yang beragama Islam merupakan gelombang migrasi. Terakhir dari Kalimantan Utara yang memasuki pesisir Kalimantan Timur hingga Kalimantan Selatan. Dan menduduki pulau-pulau di sekitarnya, sebelum datangnya suku-suku Islam dari kelompok Bugis yaitu Suku Bugis, Suku Makassar. , dan Suku Mandar.

Mindanao adalah pulau terbesar kedua di Filipina dan salah satu dari tiga kelompok pulau utama bersama Luzon dan Visayas. Mindanao yang terletak di bagian selatan Filipina merupakan kawasan pemukiman bersejarah bagi mayoritas umat Islam. Atau suku Moro yang sebagian besar berasal dari etnis Marano dan Tasaug.

Baca Selengkapnya…………..Sejarah Asal Usul Suku Khmer Dan Penduduk Asli Kamboja

You May Also Like

More From Author