Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Orang Ket Di Siberia

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Orang Ket merupakan sekelompok orang Siberia yang menggunakan bahasa Ket. Pada masa Kekaisaran Rusia, mereka dianggap sama dengan suku lain di Siberia dan disebut Ostyak. Selanjutnya mereka dikenal dengan nama Ostyak Yenisei karena mereka tinggal di bagian hilir. Dan tengah DAS Yenisei, yaitu di wilayah tersebut.

Masyarakat Ket modern tinggal di sisi timur sungai sebelum secara politik dimasukkan ke dalam Rusia. Antara abad ke-17 dan ke-19 Masehi. Menurut sensus 2010, terdapat 1.219 orang Ket di Rusia.

Edward Vajda, sejarawan bahasa dari Western Washington University. Mengatakan ada hubungan DNA antara suku Ket dengan suku Tibet, Burma, dan lainnya. Leonid Kyzlasov, sejarawan Kekaisaran Tiongkok, menggambarkan orang Ket. Sebagai orang Siberia dengan mata biru dan rambut terang, meskipun dia tidak merinci sumber mana yang dia gunakan.

Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Orang Ket Di Siberi

Suku Ket dipandang sebagai satu-satunya suku nomaden yang tinggal di Siberia tengah dan selatan yang masih ada hingga saat ini. Pada tahun 1960-an, Yugh dibedakan dari Ket, yang meskipun serupa, namun pada dasarnya berbeda.

Masyarakat Ket saat ini adalah keturunan suku nelayan dan pemburu yang tinggal di taiga Yenisei. Yang mengadopsi sebagian budaya dari suku berbahasa Ket lainnya di Siberia Selatan.


Ket dimasukkan sebagai bagian dari negara Rusia pada abad ke-17 Masehi. Upaya mereka untuk melawan tidak berhasil karena Rusia memindahkan tempat tinggal mereka ke tempat lain untuk melemahkan pertahanan mereka. Hal ini juga menghancurkan sistem sosial patriarki yang ketat dan cara hidup mereka sebelumnya.

Baca Selengkapnya………..Sejarah ASal Usul Suku Leher Panjang Di Thailand

You May Also Like

More From Author