Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Penyebaran Suku Merauke

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Suku Merauke. Merauke terletak di ujung paling timur Indonesia, berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini. Merauke merupakan daerah yang dihuni oleh beberapa suku. Asal muasal persebaran suku di Merauke menjadi salah satu cerita masyarakat Papua.

Salah satu versi cerita rakyat ini diambil dari buku 10 Cerita Rakyat Papua Pilihan. Asal muasal sebaran suku di Merauke diceritakan kembali oleh Emik Puji Utami. Pada zaman dahulu kala di sebuah hutan yang sangat lebat, hiduplah seorang lelaki tua. Dan dua ekor anjing di sebuah befak, sebuah rumah yang dindingnya terbuat dari pohon sagu dan atapnya dari daun sagu.

Ia tinggal seorang diri karena ia adalah orang pertama yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa di daerah itu. Kedua anjing tersebut diberi nama yang sama yaitu Nggarembu. Bedanya, anjing yang satu belang dan satunya lagi berwarna hitam.

Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Merauke

Kedua anjing tersebut selalu menemani Tete atau kakek dalam bahasa Papua berburu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Suatu hari, Tete mencari kedua anjingnya untuk menemaninya berburu, namun ia tidak dapat menemukan anjingnya. Sehingga akhirnya Tete memutuskan untuk tidak berburu.

Sore harinya, Tete melihat kedua anjingnya baru saja pulang dan perutnya terlihat bengkak, menandakan anjingnya sudah kenyang. Keesokan harinya, Tete menemukan kedua anjingnya dalam kondisi yang sama, perutnya tampak kembung. Faktanya, dia belum memberinya makan.

Kelompok tertinggi adalah suku Marind dengan bahasa Maru/Malind. Mereka bermukim di pesisir pantai yaitu Pantai Samkai, Nasem, Ndalir dan Onggaya.
Kemudian, yang bertubuh kecil dan pendek, kelompok ini dianggap berkerabat dengan suku Tete dan Marind. Karena alasan ini, mereka tinggal di Kimaam.

Baca Selengkapnya……….Sejarah Asal Usul Dengan ADanya Suku Keo Di Pulau Flores

You May Also Like

More From Author