Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Nduga Sebagai Bupati

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Suku Nduga. Suku Nduga merupakan suku yang mendiami wilayah pegunungan tengah Papua. Suku Nduga merupakan suku kecil dibawah suku Dani. Mereka baru diketahui ketika ada pemekaran kabupaten dan seiring berjalannya OTSUS. Mereka tidak dikenal oleh kelompok etnis lain dan bahkan literatur tentang mereka hampir jarang.

Sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan suku Damal. Suku Nduga merupakan seorang petani ladang yang hidupnya dari umbi-umbian, talas, singkong, dll. Selain itu mereka juga dikenal sebagai peternak babi. Mereka tinggal di sekitar Mapndum, Tangma, Sinak, Ilaga, Beoga, dan Hitadipa.

Berdasarkan pembagian wilayah pemerintahannya, wilayah Nduga yang termasuk dalam wilayah Lorentz. Termasuk dalam wilayah Kecamatan Tiom, yang sebelumnya termasuk dalam wilayah Kabupaten Jayawijaya dan kini menjadi kabupaten tersendiri yaitu Kabupaten Ndugama.

Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Nduga

Letak budaya Nduga dan struktur sosial suku ini terfokus pada wilayah Kurigi dan. Nirigimbrik (tempat ini dinamakan oleh masyarakat Nduga sesuai dengan nama desa tempat dibangunnya gedung gereja. Tersebut, misalnya wilayah Kurigi meliputi desa-desa dari Putndumu, Nalwangge, Dondokloma, Mberik, dan Wiletti ). Kurigi terletak sekitar 2.775 m. di atas permukaan laut.

Batas wilayah Nirigmbrik adalah Sungai Yigi di utara, Gunung Sokme di selatan, Desa Mbrigenma di barat. Dan Sungai Yigi di timur. Sedangkan secara demografis, jumlah penduduk Suku Nduga pada tahun 1990 berjumlah sekitar 1.500 jiwa. 70% penduduknya adalah anak-anak, dan dari jumlah tersebut, 44% diantaranya adalah laki-laki dan 28% perempuan.

Satu desa terdiri dari beberapa kawasan pemukiman. Desa Kurigi misalnya, terdiri dari kawasan pemukiman Nalwangge, Putndum, Dondokloma, Mbrik, Kurigi, Laneyandumu, dan Woktrem. Sistem desa ini lebih berkaitan dengan ikatan teritorial dibandingkan ikatan darah.

Baca Selengkapnya………Sejarah ASal Usul Dengan Adanya Suku Wawonii Kelompok Sosial

You May Also Like

More From Author