Sejarah Asal Usul Suku Aeta Seorang Penghuni Filipina

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Suku Aeta atau yang biasa disebut Agta merupakan suku asli. Yang sudah tinggal di dalam sebuah pedalaman pegunungan Pulau Luzon, Filipina. Suku ini dikatakan sebagai penduduk asli Filipina karena mereka merupakan salah satu suku yang paling awal. Menghuni negara tersebut, sebelum adanya migrasi Austronesia.

Dilihat dari ciri fisiknya, suku Aeta diperkirakan merupakan bagian dari suku Negrito yang merupakan penduduk paling awal di Asia Tenggara. Namun saat ini suku Aeta telah bercampur dengan ras Austronesia dan berbicara bahasa Austronesia. Namun saat ini suku Aeta telah bercampur dengan ras Austronesia dan berbicara bahasa Austronesia.

Suku Aeta di Filipina seringkali dikelompokkan dengan keturunan Negritos lainnya, seperti penduduk asli Papua dan Australia. Suku ini diperkirakan bermigrasi ke kepulauan Filipina pada masa Paleolitikum atau sekitar 40.000 tahun yang lalu. Setelah itu mereka melakukan kontak bahkan bercampur dengan masyarakat ras Austronesia.

Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Penghuni Suku Paling Awal Di Filipina

Bahkan pada masa penjajahan Spanyol di Filipina, mereka gagal direlokasi karena merasa mempunyai tanggung jawab untuk melindungi tanahnya. Hal ini juga didukung dengan kemampuannya dalam mempertahankan diri sehingga dikenal sebagai petarung yang hebat.

Saat Gunung Pinatubo meletus pada tahun 1991, suku Aeta terkena dampak letusan tersebut sehingga pemerintah harus melakukan evakuasi. Namun, mereka tetap kembali ke Luzon utara ketika keadaan sudah aman. Suku Aeta hampir tidak memiliki pendidikan formal. Mereka umumnya mendapat pendidikan seperti membaca, menulis dan bahasa Inggris melalui pengurus gereja.

Suku Aeta zaman dahulu hidup secara nomaden atau berpindah-pindah tempat dan memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan berburu. Namun seiring berjalannya waktu, mereka mulai menjalani kehidupan menetap dengan menjadi petani. Beternak unggas dan kambing, menangkap ikan, dan menanam jamur.

Baca Selengkapnya………….Sejarah Asal Usul Suku Nenets SUku ASli Wilayah Arktik

You May Also Like

More From Author