Sejarah Asal Usul Suku Selkup kelompok Etnis Samoyedik

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Suku Selkup, atau sebelum tahun 1930-an disebut Ostyak-Samoyed (остя́ко-самое́ды), merupakan suku Samoyedik yang berasal dari Siberia Utara. Mereka tinggal di Oblast Tomsk bagian utara, Krasnoyarsk Krai, Yamalia, dan Nenetsia. Orang Selkup berbicara dalam bahasa Selkup, yang termasuk dalam cabang Samoyedik dari rumpun bahasa Uralik.

Suku Selkup berasal dari cekungan tengah Sungai Ob, sebagai hasil interaksi antara penduduk asli Yenisei dan suku Samoyed. Yang datang ke wilayah tersebut dari Pegunungan Sayan pada awal milenium pertama Masehi. Pada abad ke-13, Selkup yang juga telah berada di bagian bawah pengaruh bangsa Mongol. Sekitar tahun 1628, Rusia berhasil menaklukkan wilayah tersebut. Selkups juga telah bergabung dengan pemberontakan yang telah melawan pemerintahan Rusia tetapi juga gagal.

Pada abad ke-17, dengan diadakan beberapa orang Selkup yang itu juga telah pindah ke bagian utara untuk tinggal. Dan itupun juga sudah berada di sepanjang Sungai Taz dan Sungai Turukhan. Mereka hidup dengan berburu, memancing, dan beternak rusa. Kedatangan pemukim Rusia ke wilayah tersebut pada abad ke-18 menyebabkan orang Rusia. Memburu rusa kutub milik masyarakat Selkup sehingga membuat peternakan rusa menjadi lebih sulit.

Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Orang Selkup

Pada periode yang sama, Rusia berupaya melakukan Russifikasi dan Kristenisasi masyarakatnya. Namun banyak dari mereka yang masih mempertahankan kepercayaan dan adat istiadat nenek moyang mereka. Selama masa Soviet, keluarga Selkup terpaksa mengadopsi gaya hidup modern dan meninggalkan budaya tradisional.

Keluarga Selkup telah menghadapi kepunahan budaya dan asimilasi ke dalam budaya Rusia. Mereka juga mengalami diskriminasi rasial, kurangnya kesempatan kerja, dan bahkan kecanduan alkohol. Menurut Sensus 2002, terdapat 4.249 Selkup di Rusia (4.300 pada tahun 1970). Terdapat 62 orang Selkup di Ukraina, dan hanya satu dari mereka yang merupakan penutur asli Selkup (Sensus Ukraina 2001).

Baca Selengkapnya…………..Sejarah Asal Usul ADanya SUku Republik Kenya DI afrika Timur

You May Also Like

More From Author