Sejarah Asal Usul Adanya Reog Ponogoro Budaya Indonesia

Estimated read time 2 min read

Sejarah asal usul nama Ponorogo menjadi perbincangan hangat belakangan ini, menyusul klaim Malaysia atas budaya asli Indonesia. Namun tahukah Anda sejarah dan asal usul nama Ponorogo?

Ponorogo merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan kesenian Reog Ponorogo. Sehingga dijuluki Kota Reog atau Bumi Reog. Selain dikenal dengan Kota Reog, Ponorogo sendiri juga dikenal dengan sebutan Kota Santri karena banyak terdapat pesantren.

Salah satu Pondok Pesantren yang terkenal di kawasan tersebut adalah Pondok Modern Darussalam Gontor. Yang terletak di Desa Gontor, Kecamatan Mlarak. Reog Ponorogo merupakan salah satu bentuk kesenian ikonik di Provinsi Jawa Timur. Kesenian asal Ponorogo ini sedang menjadi trending di media massa setelah Malaysia mengklaim kesenian tradisional tersebut.

Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Reog Ponorogo Budaya Asli Indonesia

Dalam buku Babad Ponorogo karya Poerwowidjojo (1997), kisah awal berdirinya daerah Kabupaten Ponorogo. Tidak lepas dari kisah tentang Bathoro Katong atau dikenal juga dengan Raden Katong. Saat itu Bathoro Katong dinobatkan sebagai adipati pertama Kadipaten Ponorogo pada tahun 1837.

Sejarah Ponorogo, seperti dikutip dari Antara News, Senin (11/4/2022), Peneliti Reog Rido Kurniati menjelaskan. Nama asli Bathoro Katong adalah Lembu Karnigoro. Ia merupakan anak kelima dari Prabu Brawijaya V yaitu adik dari Raja Demak Raden Patah. Agar masyarakat yang masih menganut agama Hindu dan Budha mudah menerimanya, Raden Patah memberi nama adiknya Bathoro Katong.

Sebelum daerah itu disebut Ponorogo, sejarah mencatat sekitar tahun 1482 M, Bathoro Katong mulai melakukan konsolidasi di daerah tersebut. Antara tahun 1482-1486 M, Raden Bathoro Katong mulai menata kekuatannya dan mendekati Ki Ageng Kutu dan seluruh warganya.

Baca Selengkapnya…………..Sejarah Asal Usul Permusuhan Perang Israel Dengan Iran

You May Also Like

More From Author