Sejarah Asal Usul Adanya Sidoarjo Di Kabupaten Surabaya

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Suku Sidoarjo merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur. Yang wilayahnya berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik di utara, Selat Madura di timur. Kabupaten Pasuruan di selatan, dan Kabupaten Mojokerto di barat. Kabupaten Sidoarjo itu pun telah mempunyai beberapa julukan, sebagai di antara lain Kota Udang, Kota Petis, dan Kota Delta.

Dijuluki Kota Udang dan Kota Petis karena Kota Sidoarjo terkenal dengan produk olahan udang dan petisnya. Sedangkan julukan Kota Delta mengacu pada kondisi geografis Kabupaten Sidoarjo yang terletak di delta alias dataran hasil sedimentasi Sungai Brantas.

Jika dilihat dari beberapa sejarahnya, Sidoarjo dulunya merupakan adalah seorang ibu kota. Kerajaan Jenggala. dan pernah menjadi bagian dari adanya sebuah Kabupaten Surabaya. Sejarah Kabupaten Sidoarjo dapat ditelusuri pada masa Kerajaan Kahuripan yang didirikan oleh Raja Airlangga dan telah berada pada tahun 1019. Raja Airlangga merupakan penerus Kerajaan Mataram Kuno yang membangun istana dan ibu kota baru di Kahuripan. (sekarang termasuk dalam wilayah Sidoarjo). daerah).

Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Sidoarjo Di Kabupaten Surabaya

Sebelum diturunkan sebuah tahta, Airlangga dan saat itu juga telah membagi kerajaannya menjadi dua untuk kedua putranya. Yang berada di Sri Samarawijaya dan Mapanji Garasakan. Saat itu pada sebuah Kerajaan Sri Samarawijaya yang saat itu juga telah berpusat. Berada di Kediri diberi nama Panjalu dan kerajaan Mapanji Garasakan yang itu telah berpusat di Kahuripan diberi nama Jenggala.

Namun kedua putra Airlangga masih berselisih dan ingin saling menaklukkan. Pada akhirnya Jenggala itu juga sudah kalah dan telah menjadi seorang bawahan Kerajaan Panjalu atau yang biasa disebut Kerajaan Kediri. Peristiwa ini yang sudah bersangkutan dan memiliki bersejarah ini diabadikan oleh raja Kedir. Yang berada di i dalam Prasasti Hantang atau Prasasti Ngantang dan saat itu yang sudah bertanggal 1135 Masehi.

Baca Selengkapnya………….Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Sidoarjo Di Jawa Timur

You May Also Like

More From Author