Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Bauzi Di Papua

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Suku Bauzi yang dikenal juga dengan nama Baudi. Bauri atau Bauji merupakan salah satu dari sekitar 260 suku asli yang kini mendiami Tanah Papua. Oleh lembaga misi dan bahasa Amerika Serikat bernama Summer Institute. Of Linguistics (SIL), suku ini masuk dalam daftar 14 suku paling terpencil.

Papua juga tak ketinggalan memasukkan suku Bauzi ke dalam daftar 20 suku terasing yang berhasil diidentifikasi. Bagaimana tidak, luasnya hutan belantara, pegunungan, lembah. Rawa dan sungai besar yang mengalir di sekitar kawasan Mamberamo. Membuat suku ini hampir tidak memiliki kontak langsung dengan peradaban modern. Kehidupan sehari-hari suku ini masih dijalani secara tradisional.

Menurut sejarah persebarannya, Suku Bauzi berasal dari daerah Waropen bagian utara. Namun dalam kurun waktu yang lama menyebar ke selatan Danau Bira. Noiadi dan tenggara Neao, dua wilayah yang terletak di perbukitan Van Rees Mamberamo.

Panjang kawasan ini kurang lebih 80 kilometer. Suku Bauzi mampu menyebar karena mempunyai kemampuan berperahu menyusuri sungai dan berjalan kaki. Populasinya hanya beberapa ribu orang. Pada tahun 1991, SIL mengeluarkan data yang menunjukkan jumlah masyarakat Bauzi sekitar 1.500 orang.

Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Bauzi Yang Mendiami Tanah Papua

Sebagai suku yang menempati daerah terpencil, sebagian laki-laki Bauzi masih mengenakan cawat. Berupa daun atau kulit pohon yang sudah dikeringkan lalu diikat dengan tali di ujung alat kelamin. Mereka juga memasang hiasan berupa tulang di lubang hidung. Sedangkan perempuan mengenakan selembar daun atau kulit kayu yang diikat dengan tali di pinggang untuk menutupi auratnya.

Namun, kini sekitar 65 persen telah masuk Kristen karena pertemuannya dengan misionaris dari Eropa, Amerika, dan Papua. Dalam kehidupan bermasyarakat, mereka tidak menganut model kepemimpinan kolektif yang kuat sehingga bisa menjadi teladan bagi anggota masyarakat lainnya. Ketika terjadi konflik di antara mereka, maka akan sulit untuk diselesaikan.

Baca Selengkapnya…………Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Souk Disebut Sough

You May Also Like

More From Author