Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Mizo Asli India

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul suku Mizo, bangsa asli India Timur Laut, Myanmar bagian barat. Dan Bangladesh bagian timur; istilah ini mengacu pada suku yang berbicara dalam bahasa keluarga Kuki-Chin.

Mizo adalah suku asli di negara bagian Mizoram, India dan sekitarnya. Semua suku dan klan Mizo mengklaim bahwa gua tersebut adalah tempat kelahiran Mizo dalam cerita rakyat mereka. Kadang-kadang disimpulkan bahwa orang Mizo hidup sebagai penghuni gua pada zaman dahulu.

Negara bagian Mizoram saat itu yang juga sudah (secara harfiah berarti “Tanah Mizo”) pernah disebut juga sebagai Perbukitan. Lushai atau Distrik Lushai dan juga merupakan di sebuah bagian dari wilayah Assam. Masyarakat Perbukitan Lushai menuntut wilayah politik yang berbeda ketika India merdeka.

Karena desakan terus-menerus dari rakyatnya untuk otonomi, pemerintah pusat menyetujui Mizoram. Pada tahun 1972 sebagai Wilayah persatuan dan pada tahun 1987 menjadi negara bagian Republik India.

Saat dicacah, masyarakat Mizo memilih untuk mengidentifikasi dirinya sebagai Mizo dibandingkan dengan nama marga/sukunya. Faktanya, Mizo adalah nama kolektif yang digunakan oleh berbagai suku.

Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Mizo Di India

Secara harfiah, Mizo berarti “Orang Bukit”. Namun, masih ada sebagian kelompok yang menolak dipanggil Mizo dan menimbulkan konflik kecil. Kelompok-kelompok ini kebanyakan berasal dari luar Negara Bagian Mizoram, yakni di daerah tetangga.

Negara bagian Mizoram yang saat itu juga sudah (secara harfiah berarti “Tanah Mizo”) pernah disebut Perbukitan. Lushai atau Distrik Lushai dan lalu itu juga sudah merupakan bagian dari wilayah Assam. Masyarakat Perbukitan Lushai menuntut wilayah politik yang berbeda ketika India merdeka.

Saat dicacah, masyarakat Mizo memilih untuk mengidentifikasi dirinya sebagai Mizo dibandingkan dengan nama marga/sukunya. Faktanya, Mizo adalah nama kolektif yang digunakan oleh berbagai suku. Secara harfiah, Mizo berarti orang bukit. Namun masih ada beberapa kelompok yang menolak dipanggil Mizo.

Baca Selengkapnya…………Sejarah ASal Usul Adanya Suku Tulu Dalam Sebuah Kelompok

You May Also Like

More From Author