Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Ogan Ilir Sriwijaya

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Suku Ogan Ilir termasuk bagian suku di Sumatera Selatan (Sumsel) yang berasal dari penduduk Ogan. Asal muasal suku ini tinggal di sungai Ogan. Berdasarkan buku Sejarah Kebudayaan dan Kondisi Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan karya Elza Marleni. Peneliti menemukan bukti berupa jejak kehidupan suku Ogan Ilir pada 4.500 tahun lalu atau 2.500 SM.

Kemunculan Suku Ogan Ilir tidak terlepas dari sejarah panjangnya pada masa lampau dan terbagi menjadi dua subsuku. Berikut penjelasannya dirangkum detikSumbagsel. Sejarah Suku Ogan Ilir diawali dengan hadirnya Suku Ogan. Berdasarkan keterangan pada buku di atas, Suku Ogan berasal dari masyarakat Gunung Dempo di dataran tinggi. Besemah di sepanjang aliran Sungai Ogan.

Lain halnya dari penjelasan di atas, sumber lain menyebutkan bahwa Suku Ogan berasal dari dataran tinggi Tengkuk Gunung Pesagi, Lampung. Suku ini terbagi menjadi dua yaitu Ogan Iliran dan Ogan Uluan. Suku Ogan Ilir atau Iliran terbagi menjadi dua sub suku yaitu suku Penesak dan Pegagan. Pembagian tersebut dibentuk berdasarkan lokasi pemukiman, berikut penjelasannya.

Asal usul suku Penesak dipercaya berasal dari salah satu keturunan bangsawan Sriwijaya yang berpindah dari pusat kerajaan ke wilayah. Desa Meranjat, Kecamatan Tanjung Batu. Ternyata di sepanjang jalan Meranjat kita bisa menjumpai masyarakat Penesak dengan bahasanya yang khas.

Masyarakat Suku Pegagan mayoritas bermukim di wilayah marga Suku Pegagan Ilir I, II dan III. Selain itu, sebagian masyarakat suku Pegagan tinggal di SP Padang, Jejawi, Kayuagung, Pampangan dan Pangkalan Lampam. Suku ini terbagi menjadi dua marga yaitu Pegagan Ulu dan Pegagan Ilir.

Baca Selengkapnya…………..Sejarah Asal Usul Suku Kas Negroid Yang Tinggal Di Afrika

You May Also Like

More From Author