Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Tradisi Obor Di Muharram

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Tradisi Pawai Obor Kirab obor sudah menjadi tradisi yang dilakukan umat Islam pada tanggal 1 Muharram. Lantas, bagaimana sejarah dan makna kirab obor 1 Muharram? 1 Muharram adalah hari pertama dalam kalender Islam. Tanggal ini juga menandai pergantian Tahun Baru Islam.

Di Indonesia, momen ini disambut dengan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah kirab obor yang dilaksanakan pada tanggal 1 Muharram. Ternyata ini bukan sekadar perayaan, namun ada sejarah dan makna dibaliknya. Lantas, bagaimana sejarah kirab obor 1 Muharram?

Dikutip dari jurnal Universitas Islam Nusantara bertajuk “Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Parade Obor 1 Muharram”, sejak awal perkembangannya, agama Islam di Indonesia telah mendapat akomodasi budaya. Pendekatan keagamaan yang menggunakan unsur budaya yang ada di masyarakat seringkali efektif dalam menyampaikan pesan Islam.

Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Makna Tradisi Pawai Obor Muharram

Salah satu contohnya adalah kirab obor yang sering diadakan pada hari-hari besar Islam, termasuk memperingati awal tahun baru Islam, 1 Muharram. Tradisi ini dimaksudkan untuk menyambut datangnya Tahun Baru Islam pada tanggal 1 Muharram dengan rasa syukur atas Tahun Baru Islam.

Dimana Tahun Baru Islam merupakan hari yang sangat penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW, dari kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Peristiwa bersejarah ini terjadi pada tanggal 1 Muharram, tahun baru umat Islam.

Maka untuk memperingati momen tersebut, masyarakat Indonesia biasanya mengadakan kirab obor bersama-sama pada tanggal 1 Muharram. Masyarakat melaksanakannya dengan penuh suka cita dan kegembiraan menyambut awal datangnya tanggal 1 Muharram, sebuah peristiwa yang sangat bersejarah bagi umat Islam.

Baca Selengkapnya…………..Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Irula Dan Dravida

You May Also Like

More From Author