Sejarah Asal Usul Permusuhan Perang Israel Dengan Iran

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Iran dan Permusuhan Israel Iran melancarkan serangan udara terhadap Israel. Pada Minggu malam, yang mencakup 170 drone, 30 rudal jelajah, dan 110 rudal balistik. Ini adalah pertama kalinya Iran melancarkan serangan terhadap Israel dari wilayah kedaulatan. Iran meski ada juga puluhan rudal dan drone yang diluncurkan dari Irak, Suriah, dan Yaman.

Peristiwa Minggu (14/4/2024) tersebut merupakan episode terbaru permusuhan lama antara Iran dan Israel. Kedua negara telah lama terlibat dalam perseteruan berdarah, yang intensitasnya berfluktuasi tergantung pada peristiwa geopolitik. Permusuhan keduanya menjadi sumber ketidakstabilan di Timur Tengah.

Bagi Teheran, Israel tidak punya hak untuk hidup. Para penguasa Iran menganggap Israel sebagai setan kecil sekaligus sekutu Amerika Serikat, yang mereka sebut sebagai setan besar. Iran ingin keduanya menghilang dari Timur Tengah. Di sisi lain, Israel menuduh Iran mendanai kelompok teroris dan melakukan serangan terhadap kepentingannya. Yang dilatarbelakangi oleh sikap anti-Yahudi dari para ayatollah.

Sejarah Asal Usul Permusuhan Israel Dengan Iran

Persaingan antara kedua musuh bebuyutan ini telah mengakibatkan banyak korban jiwa, sering kali disebabkan oleh tindakan rahasia. Yang tidak diakui oleh kedua pemerintah. Hubungan Israel dan Iran sebenarnya cukup baik hingga Revolusi Islam yang dipimpin Ayatollah merebut kekuasaan di Teheran pada tahun 1979.

Saat itu, Iran merupakan negara monarki yang diperintah oleh Shah dari dinasti Pahlavi dan salah satu sekutu utama Amerika Serikat. Di Timur Tengah. Oleh karena itu, pendiri dan kepala pemerintahan pertama Israel, David Ben-Gurion, berupaya menjalin persahabatan dengan Iran. Sebagai cara untuk melawan penolakan terhadap negara Israel oleh tetangganya.

Baca Selengkapnya……….Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Kabupaten Tuban

You May Also Like

More From Author