Sejarah Asal Usul Suku Bangsa Moro Yang Berada Di Negara

Estimated read time 2 min read

Sejarah asal usul suku Moro merupakan suku yang terdapat di beberapa negara antara lain Filipina, Indonesia, Malaysia dan Brunei. Di Indonesia, suku Moro bahkan tersebar di berbagai pulau. Diantaranya juga ada berada pada pulau Maluku dengan nama Pulau Morotai. Di Sumatera terdapat Kecamatan Moro di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Indonesia.


Di Filipina, Suku Moro di Mindanao merupakan suku etnoreligius yang terdiri dari 13 suku bangsa. Yang mendiami wilayah Filipina bagian selatan. Wilayah kelompok ini meliputi Mindanao bagian selatan, kepulauan Sulu, Palawan, Basilan dan beberapa pulau yang berdekatan. Suku Moro merupakan suku pelaut gigih yang mampu beradaptasi di berbagai tempat tempat tinggalnya. Kebanyakan dari mereka tinggal di Mindanao, Filipina.

Bagian Timur Pulau Kalimantan Kelompok Bangsa Moro disebut Suku Bajau: Berau. Suku Bajau merupakan suku bangsa yang mendiami Kepulauan Sulu. Filipina Selatan. Suku ini merupakan suku nomaden yang hidup di laut. Sehingga disebut gipsi laut. Suku Bajau menggunakan bahasa Sama-Bajau. Suku Bajau telah menyebar ke Sabah dan berbagai wilayah di Indonesia selama ratusan tahun.

Sejarah Asal Usul Suku Moro Yang Merupakan Suku Berada Di Berbagai Macam Negara

Diperkirakan seorang suku-suku yang berada di Kalimantan bermigrasi dari arah utara (Filipina) pada zaman prasejarah. Yang juga telah merupakan seorang Suku Bajau dan ada juga sudah memiliki agama Islam mereka juga merupakan sebuah gelombang migrasi. Terakhir lalu juga sudah berasal dari Kalimantan Utara.

Yang telah memasuki sebuah pesisir Kalimantan Timur sehingga Kalimantan Selatan dan menempati pulau-pulau. Di sekitarnya, sebelum juga dengan datangnya suku Islam yang sudah berasal dari kelompok Bugis yaitu suku Bugis dan Makassar. ,

Moro adalah nama penjajah Spanyol sebagai Muslim lokal. Dahulu mayoritas penduduk Midanau dan pulau-pulau sekitarnya beragama Islam. Perang kemerdekaan telah dilancarkan oleh berbagai umat Islam selama lima abad melawan penguasa mereka.

Baca Selengkapnya…………Sejarah Asal Usul Suku Aeta Seorang Penghuni FIlipina

You May Also Like

More From Author