Sejarah Dengan Adanya Asal Usul Suku Gunjar Di Negara

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Suku Gurjar merupakan suku semi nomaden yang terdapat di India, Pakistan yang terbagi dalam berbagai kelompok marga. Peran sejarah yang berada pada suku Gurjar cukup sangat beragam, di satu tempat saat itu mereka juga mendirikan. Beberapa kerajaan, dan di tempat lain sehingga mereka juga merupakan salah satu suku nomaden yang tidak mempunyai tanah sendiri.

Titik penting dalam sejarah identitas Gurjar sering kali ditelusuri kembali ke kemunculan Kerajaan. Gurjara (sekarang bagian dari Rajasthan) pada Abad Pertengahan (c. 570 M). Dipercayai bahwa Gurjar bermigrasi ke berbagai wilayah di anak benua India dari Gurjaratra.

Sebelumnya, Gurjar diyakini bermigrasi dari Asia Tengah.[9] Menurut B.D. Chattopadhyaya, sebuah referensi sejarah menggambarkan para pejuang Gurjara dan rakyat. Jelata di India Utara pada abad ke-7 M, serta menyebutkan beberapa kerajaan dan dinasti Gurjara. Namun menurut Tanuja Kothiyal, gambaran sejarah Gujar adalah penggembala primitif meskipun klaim sejarah masa lalu. Gurjar juga menghubungkan mereka dengan Gurjara-Pratihara.

Sejarah Asal Usul Suku Gunjar Yang Ada Di Beberapa Negara

Dia mengutip sebuah mitos bahwa setiap kemungkinan klaim Rajput oleh para Gurjar datang melalui seorang Rajput. Yang menikahi seorang wanita Brahmana, dan bukan melalui klan Kshatriya yang lebih tua. Lebih lanjut ia menyatakan bahwa proses sejarah menunjukkan sebaliknya, yaitu Rajput muncul dari komunitas lain, seperti Jats dan Raikas.

Gurjara mulai memudar dari catatan sejarah setelah abad ke-10 Masehi. Setelah itu, beberapa kepala suku Gurjar dan pejuang pemula disebutkan dalam sejarah, yang merupakan penguasa kecil dibandingkan pendahulunya.

Gujar dan Gujjar cukup umum pada masa Kekaisaran Mughal, dan manuskrip yang berasal dari era tersebut menggambarkan. Gujar sebagai bangsa yang “bergejolak”. Negara bagian Gujarat dan Rajasthan dikenal sebagai Gurjaradesa dan Gurjaratra selama berabad-abad sebelum pemerintahan kolonial Inggris. Distrik Gujrat dan Gujranwala di Punjab Pakistan juga telah dikaitkan dengan Gujjar. Sejak awal abad ke-8 M, ketika ada kerajaan Gurjara di wilayah yang sama.

Baca Selengkapnya…………Sejarah Asal Usul Suku Bangsa Moro Yang Berada Di Negara

You May Also Like

More From Author