Sejarah Asal Usul Adanya Orang India Malaysia Kelompok Besar

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Suku Keturunan India di Malaysia. Saat ini, mereka merupakan kelompok terbesar ketiga di Malaysia. (merupakan 6,8% dari populasi Malaysia). Mayoritas orang India di Malaysia adalah etnis Tamil, dengan kelompok kecil lainnya seperti Malayali, Telugu, Sikh dan lain-lain.

Mereka biasanya disebut sebagai Orang India di Malaysia atau “Orang India” dalam bahasa Melayu. Penduduk India di Malaysia mempunyai persentase profesional per kapita yang sangat besar – yakni 15,5% dari seluruh profesional di Malaysia. 38% tenaga kerja yang juga sudah profesional medis yang berada di negara ini. Terdiri saat itu sudah dari orang India Malaysia.

India kuno saat itu juga sudah memberikan pengaruh yang sangat besar di Asia Tenggara. Melalui perdagangan dan juga sebuah misi keagamaan, perang, dan bentuk kontak lainnya. Malaysia pra-kolonial adalah bagian dari ‘Kekaisaran India’ seperti Sriwijaya, Kadaram dan Majapahit. Yang merupakan bagian dari wilayah budaya yang dikenal sebagai India Raya.

Para pedagang India telah menjelajahi wilayah ini termasuk ujung selatan semenanjung Asia Tenggara dengan perdagangan maritim. Raja Jawa Sailendra yang berasal dari Kalinga mampu menguasai semenanjung dan sebagian Siam bagian selatan.

Para raja menyambut misionaris Buddha dari India, menerima ajaran sekte Mahayana, yang menyebar ke seluruh wilayah mereka. Teori lain yang berisi tentang masuknya sebuah agama Buddha saat itu yang setelah orang India. Sudah tiba di semenanjung dan mereka adalah setelah Kalinga menaklukkan Burma bagian bawah dengan berada pada suatu abad ke-8.

Terdapat sebuah bukti dengan keberadaan kerajaan yang berada di India seperti Gangga Negara, Kedah Lama, Sriwijaya saat itu. Sejak kurang lebih banyak 1700 tahun yang lalu. Kontak awal antara kerajaan Tamilakam dengan semenanjung Melayu. Sangat erat pada masa pemerintahan Dinasti Pallawa (abad ke-4 hingga ke-9 M) dan Kerajaan Chola (abad ke-9 hingga ke-13).

Baca Selengkapnya………….Sejarah Dengan Adanya ASal Usul Suku Gunjar Di Negara

You May Also Like

More From Author