Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Tidung Dayak

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Suku Tidung. Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai banyak suku dan budaya. Mulai dari lagu daerah, tarian, rumah adat, hingga berbagai pakaian daerah. Salah satu yang menarik perhatian adalah pakaian daerah pada uang peringatan Kemerdekaan RI ke-75 yang dikeluarkan Bank Indonesia.

Pakaian adat ini merupakan pakaian adat suku tidung yang ada di wilayah kalimantan utara. Dilansir dari Historia, Suku Tidung merupakan sub suku dari suku Dayak Murut. Salah satu dari tujuh suku besar yang tinggal di Kalimantan Utara. Nama Tidung diambil dari kata tiding atau tideng yang berarti gunung atau bukit. Namun sebagian besar masyarakat Tidung tinggal di daerah pesisir dan menganut agama Islam.

Suku Tidung berpindah melalui Sungai Sesayap atau Sungai Malinau ke daerah. Hilir dan mendiami pesisir pantai serta pulau-pulau kecil lainnya di Kamlimantan. Hal ini diperkirakan telah terjadi hampir 100 tahun yang lalu ketika mereka berpindah-pindah.

Sejarah Dengan Adanya Asal Usul Suku Tidung Dayak

Karena banyaknya merantau, suku Tidung tidak mengetahui legenda atau mitos tentang asal usul nenek moyangnya seperti masyarakat Dayak lainnya. Salah satu bukti suku Tidung masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan suku Dayak adalah masih adanya. Tradisi yang masih tersisa di kalangan masyarakat Tidung.

Bahkan masyarakat Tidung pun masih menjaga keseimbangan dengan alam dan menjaganya hingga saat ini. Ini merupakan salah satu hal yang mencerminkan spiritualitas Dayak. Unsur budaya dari luar seperti Bugis, Melayu, dan Bajau perlahan mulai diterima oleh suku Tidung. Kemudian diolah menjadi budaya sendiri tanpa menghilangkan kepribadiannya.

Baca Selengkapnya………..Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Tradisi Obor Di Muharram

You May Also Like

More From Author