Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Souk Disebut Sough

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Suku Souk. Suku Souk atau disebut juga Sough, Sougb merupakan suku asli Indonesia yang berasal dari Kabupaten Pegunungan Arfak. Provinsi Papua Barat, Indonesia. Komunitas suku ini umumnya tinggal di distrik Anggi dan distrik Minyambouw di Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat. ] Suku Souk termasuk dalam 4 sub suku dari suku besar di Pegunungan Arfak yaitu suku Arfak.

Secara etnis sebuah suku Souk yang ini juga sudah termasuk dalam suku besar Arfak. Dimana keberadaan suku Arfak mempunyai sebuah 4 sub suku lainnya yaitu suku Souk. Suku Meiyah, suku Hatam dan aja juga suku Moilei. dengan sebuah Bahasa keempat. Suku ini berbeda-beda, kecuali suku Hatam dan suku Moilei yang masih memiliki kesamaan bahasa yang berbeda beda

Berbagai senjata panah dan parang dari 4 suku ini juga dimiringkan. Sebagai bagian dari subsuku Arfak, untuk mengenali keempatnya. Adalah dari bahasa yang mereka gunakan untuk menggambarkan berbagai ciri masyarakat. Di pedalaman Pegunungan Arfak, Karena nama beberapa benda diantara mereka berbeda.

Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Souk Di Indonesia

rumah adat khas masyarakat Pegunungan Arfak yang terbuat dari kayu. Suku Souk menamakan rumah ini Tumisen, sedangkan suku Hattam. Menamakannya Igmam, suku Meyah menamakannya Mod Aki Aksa, dan suku Wamesa menamakannya Igkojei. Sebagai senjata yang biasa digunakan oleh suku-suku di Papua dan Papua Barat. Masyarakat Souk menyebut benda ini dengan sebutan Inyomus, sedangkan suku lain menyebutnya Inyomusi

Salah satu budaya lokal yang masih bertahan adalah Tari Tumbuk. Tari Tumbuk merupakan tarian khas pegunungan Arfak yang dikuasai oleh empat suku Arfak, termasuk suku Souk. Nama tarian ini ada dua, yaitu tari Tumbuk Tanah dan tari Tumbuk Rumah. Jika tarian ini dipentaskan di jalan disebut Tari Tumbuk Tanah, dan jika dipentaskan. Di rumah maka nama tarian ini adalah Tari Tumbuk Rumah.

Baca Selengkapnya……….Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Tamil Bangsa Dravida

You May Also Like

More From Author