Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Agabag Secara Teritorial

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Suku Agabag. Suku Agabag secara teritorial merupakan bagian dari suku Dayak di Kalimantan (Badan Pusat Statistik. Sensus Penduduk Indonesia. 2010, halaman 24). Menurut silsilah keturunan suku Dayak, Suku Agabag merupakan bagian dari keluarga Murut. Yang telah hidup turun-temurun sebagai penduduk di Pulau Kalimantan bagian utara.

Suku Agabag merupakan suku asli dan purbakala, secara genealogis dan teritorial. Sebagai penduduk Pulau Kalimantan (bagian utara), yang mempunyai jejak kehidupan dan tempat tinggal. Secara turun temurun di daratan, pegunungan dan sungai-sungai besar dan kecil. Di daerah tersebut. sungai Sembakung, sungai Sebuku, sungai Tulid dan sungai Tikung di Pulau Kalimantan bagian utara

sejak dahulu kala, zaman Tabug (Ngayau) pada tahun 1650-1933, zaman penjajahan (1933-1944), hingga masa kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Fakta otentiknya, suku Dayak Agabag merupakan suku asli dan tua di darat. daerah, pegunungan, dan sungai serta sungai besar. Daerah kecil di utara pulau Kalimantan, di tepi sungai Sembakung, sungai Sebuku. Sungai Tikung dan sungai Tulid yang ternyata suku Dayak Agabag mempunyai jejak peradaban hidup di daratan

Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Bangsa Agabag Di Teritorial

gunung dan sungai Sembakung, sungai Sebuku, sungai Tikung. Dan sungai Tulid, dengan fakta peradaban yang hidup bahwa suku Dayak Agabaglah. Yang pertama dan pertama kali menemukan, memberi nama dan menyebutkan. Nama-nama sungai besar dan kecil, nama-namanya gunung, nama pohon dan tumbuhan, nama binatang. Nama binatang, nama burung, nama ikan sungai, di daerah sungai Sembakung, sungai Sebuku, sungai Tikung dan sungai Tulid.

Dalam perjalanan sejarah, Suku Dayak Agabag pernah disebutkan atau dipanggil. Oleh orang/suku lain dengan kata Tenggalan (eksonim) untuk ulun Agabag yang komunal pada masa lampau. Menurut penuturan luar dari dalam diri nenek moyang Dayak Agabag sendiri.

Baca Selengkapnya………….Sejarah Dengan Asal Usul Adanya Suku Magyar Bangsa Hungaria

You May Also Like

More From Author