Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Candi Jago Malang

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Candi Jago. Ada banyak tempat bersejarah di Jawa Timur. Salah satunya adalah Candi Jago yang berada di Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Letaknya yang berada di kawasan Tumpang membuat Candi Jago sering disebut dengan Candi Tumpang.

Masyarakat setempat menyebut candi ini Cungkup. Candi Jago ini merupakan suatu peninggalan Kerajaan Singasari yang biasanya bercorak seperti patung Budha. Lokasinya itu sekitar berjarak 22 kilometer dari Kota Malang. Berikut selengkapnya tentang Candi Jago.

Dalam sebuah kitab Negarakertagama dan sebuah Pararaton itu juga telah dijelaskan bahwa nama Candi Jago itu sendiri adalah Jajaghu. Jajaghu artinya keagungan. Istilah ini digunakan untuk menyebut tempat-tempat suci. Candi ini pertama kali ditemukan oleh Belanda pada tahun 1834.

Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Candi Jago Malang Peninggalan Kerajaan Singasari

Pembangunan candi ini dilakukan pada tahun 1268 M hingga tahun 1280 M. Berdasarkan beberapa sumber yang berada , di sebuah candi. Ini telah dibangun oleh Kartanegara sebagai tanda penghormatan kepada Raja Singhasari ke-4 yaitu Sri Jaya Wisnuwardhana yang merupakan ayahnya.

Bangunan Candi Jago menghadap ke barat, berdiri di atas batu setinggi 1 meter dan kaki candi terdiri dari tiga teras. Semakin tinggi teras di kaki candi maka semakin mengecil hingga. Pada lantai satu dan dua terdapat jalan setapak yang dapat dilalui mengelilingi candi.

Sedangkan ruang utama atau garba ghra digeser sedikit ke belakang. Diduga Candi Jago mengalami pemugaran pada tahun 1343 M atas perintah Raja Adityawarman. Dari Melayu yang masih berkerabat dengan Raja Hayam Wuruk.

Baca Selengkapnya………….Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Agabag Secara Teritorial

You May Also Like

More From Author