Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Suku Baloch Di Wilayah

Estimated read time 2 min read

Sejarah Asal Usul Suku Baloch adalah masyarakat yang sebagian besar tinggal di wilayah. Balochistan di tepi tenggara sebagian besar dataran tinggi Iran di Pakistan, Iran, dan Afghanistan, serta di Jazirah Arab. Mereka terutama berbicara bahasa Baluchi, cabang bahasa Iran Tenggara, dan karena itu merupakan bahasa Iran. Sekitar 50% dari total populasi Baloch tinggal di Balochistan, provinsi barat Pakistan

Dari Suku Baloch menetap di Sindh; dan sejumlah besar orang Baloch di Punjab Selatan, Pakistan. Jumlah mereka hampir 3,6% dari populasi Pakistan, sekitar 2% dari populasi Iran (1,5 juta) dan sekitar 2% dari populasi Afghanistan.

Dalam jejak geografis kota-kota Iran dalam bahasa Pahlavi. Kemungkinan berasal dari abad ke-2 H / ke-8 M, Baluch disebutkan sebagai nama salah satu daerah yang mempunyai pemerintahan sendiri. Ibnu Howqul juga menyebutkan nama 7 suku yang tinggal di Gunung Kufus. (Koch) yang berasal dari Akrad (penggembala nomaden) dan masing-masing mempunyai kepala suku.

Sejarah Asal Usul Adanya Suku Baloch

Kosakata Baluch telah digunakan beberapa kali dalam Syahnameh karya Ferdowsi dan juga dalam buku geografi abad ke-4 H. Kata Baluch ditemukan di bawah nama Balus Koch, Koufch atau Kufous dalam memperkenalkan dua kelompok. Etnis Iran yang bertempat tinggal di Gunung Kufus di Kota Kerman.

Seluruh penelitian dan pengetahuan arkeologi yang telah dilakukan menunjukkan kesinambungan antara ukuran kerangka, jenis, bentuk dan warna rambut. Serta mata suku Baluch dengan jenis kerangka Indo-Iran. Suku Baluch dianggap asli Iran namun secara fisik dianggap berbeda dengan suku Iran dan Kordish.

Sejarah dengan jelas mencatat keberadaan suku Baluch di Iran sejak sebelum Masehi (Sebelum Masehi) namun masyarakat percaya bahwa. Wilayah ini berkaitan dengan era Kekaisaran Achaemenid dan tulisan Yunani. Dalam buku kerajaan Sansekerta Persepolis, Darius memperingati Baluch dengan nama “Maka” (مکه) dengan pengucapan etnis.

Baca Selengkapnya……………Sejarah Asal Usul Dengan Adanya Letak Geografis Prasejarah

You May Also Like

More From Author